Music Underground

Minggu, 31 Oktober 2010

Straight Edge

Kebanyakan orang melihat music rock tidak akan jauh dari keonaran, drugs, sex, dll yang sebagian besar berpengaruh negatif. Padahal ada satu sisi bagaimana suatu lifestyle ( gaya hidup ) yang dipelopori oleh music punk dan hardcore yaitu Straight Edge.

Seorang Straight Edge anti untuk menggunakan drugs, menghisap rokok, melakukan seks bebas dan sebagian orang Straight Edge tidak memakan makanan yang berasal dari hewan. Namun, bukan berarti seorang Straight Edge adalah Vegetarian begitupun sebaliknya Vegetarian tidak selalu Straight Edge karena tidak ada kewajiban bagi seseorang yang hidup dengan lifestyle Straight Edge untuk menjadi seorang Vegan. Youth of Today lah yang paling gencar menyuarakan Animal Right dan Animal Cruelty pada era Youth Crew..

Pemahaman mengenai Straight Edge sebenarnya sudah muncul pada lagu The Modern Lovers yang beraliran protopunk tahun 70an. Namun, Straight Edge lebih banyak diangkat oleh band Minor Threat pada tahun 1981, bahkan untuk istilah “ Straight Edge “ pun diambil dari judul lagunya Minor Threat. Sehingga Straight Edge berkembang di Washington DC dan New York.

Ada suatu simbol dimana seseorang yang ber lifestyle Straight Edge dapat dikenali. Biasanya para Straight Edge membuat symbol diatas punggung tangannya dengan symbol “X”. Sebenarnya awal dari munculnya symbol ini disebabkan secara accidental yaitu pada saat dimana sebuah band yang akan melakukan pentas disebuah klub yang menjual minuman beralkohol untuk pengunjungnya. Awalnya pihak Manajemen klub itu tidak mengizinkan band untuk manggung di klub itu dengan dasar sebagian personilnya masih ada yang dibawah umur untuk masuk ke klub tersebut yang menjual miras. Setelah ditemukan kesepakatan, dan band itu diperbolehkan untuk manggung dengan syarat bahwa personil yang dibawah umur harus ditandai huruf “X” dengan menggunakan spidol diatas punggung tangannya agar diketahui masih belum cukup umur dan tidak diperbolehkan meminum-minuman beralkohol. Itu juga untuk memberikan kemudahan untuk para bartender yang akan menawarkan minuman kepada pengunjung yang mengkonsumsi minuman keras dan yang tidak. Sejak itulah symbol itu dijadikan movement untuk memunculkan symbol “X”. Dan hingga saat ini symbol “X” digunakan sebagai symbol dari seorang Straight Edge.(VIAN/KLIKfour)

1 komentar: