Music Underground

Minggu, 31 Oktober 2010

Melodic Punk

Pada dasarnya Melodic Punk ini merupakan akar dari Punk, seperti pendahulunya Punk pun sebenarnya berawal dari Rock N Roll seperti Sex Pistol dan Ramones. Melodic Punk bisa juga dikatakan sebagai kemasan baru dari Punk, mengapa begitu? Bisa dilihat dari lyric band-band melodic Punk meskipun banyak yang mengangkat tema percintaan mereka menyampaikan dengan kata-kata mereka sendiri tanpa aturan, tidak perlu harus puitis malah menjurus kasar. Sama halnya dengan Punk yang mengutamakan kebebasan yang tidak mau diatur.

Kalau kita melihat ke belakang, di awal kemunculannya Punk yang di pelopori oleh band-band seperti The Clash dan Sex Pistol memiliki ciri khas musik yang hanya memakai 3-4 chord saja. Liryc-lyric mereka penuh dengan protes terhadap ketidakadilan, isu social, isu politik, perbedaan ras, dan lainnya yang bersifat provokasi terhadap massa.

Hal-hal semacam itu kemudian berubah sekitar pada tahun 1990-an. Icon band pada masa 1990-an yaitu Green Day. Dimana pada masa 1990-an ini Punk lebih ramah beda dengan image Punk jaman dahulu yang radikal. Lyricnya lebih membahas tentang hubungan antar individu, seperti pacar, keluarga, dan kejadian sehari-hari yang lebih umum. Musiknya pun lebih ramah dan bisa diterima oleh semua kalangan. Setelah Green Day kemudian bermunculan band-band lainnya yang lebih punya tampang dan lebih menjual seperti Blik-182.
Pada intinya di setiap masanya ada penyesuaian dari musik Punk hingga menjadi Melodic Punk. Dan mungkin akan menjadi masalah bagi orang yang tidak menyukai jenis musik Melodic Punk ini. Ada yang bilang Melodic Punk musik untuk cewek itu kata orang yang tidak suka Melodic Punk. Ada yang bilang Melodic Punk bukan Punk itu kata orang yang merasa Punk tercemari. Terlepas dari itu semua sebenarnya Melodic Punk ini merupakan akar dari Punk yang banyak mengalami perubahan sejalan dengan perkembangan zaman.

            Beberapa ciri khas dari Melodic Punk ini diantaranya dari segi liryc beberapa band masih mengangkat topic politik seperti NOFX tapi lainnya seputar topic umum seperti kejadian sehari-hari dan percintaan. Dari segi vocal, vocal yang halus mirip Boys Band. Dari segi guitar tidak lagi hanya terdiri dari 3-4 chord seperti pendahulunya Punk, Melodic Punk terdiri dari banyak chord dan unsure melodinya lebih jelas. Dari segi Drum memiliki tempo yang lebih cepat dari Punkrock. Dari segi style umumnya rambut spike atau belah samping setengah gondrong, bisa pakai topi juga, kemeja kotak panjang atau kaos oblong, celana jeans belel atau celana pendek pas lutut, sepatu skate atau kanvas. Tapi itu hanya gambaran umum style melodicers tidak menutup kemungkinan tidak seperti itu yang penting suka dan mengerti Melodic Punk itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar